SHOUTBOX KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA

Kali ini inspirasi saya adalah enam orang blogger yang memiliki 2 shoutbox berbeda dalam satu blognya. Sampai tulisan ini diturunkan beliau-beliau ini masih menggunakan 2 shoutbox; mba Evie pake c-o, jeng Aphied s-o, Sarie s-o, Unieq c-o, Novee c-t dan bu Vina t-s. Uniknya mereka semua bloggerwati ;-) dan sepanjang catatan saya ngeblog, berkeliaran di blogoshepere, blogwalking belum menemukan satu orang pun bloggerwan yang pake 2 shoutbox. Salah satu bloggerwati itu beralasan “Memang sih mau dibuang satu, tapi sayangkan!” Hal ini lebih meyakinkan saya bahwa kaum hawa memang tidak boleh jadi pemimpin! Toh ngambil keputusan menghilangkan satu shoutbox saja sampe merasa sayang apalagi menjalankan tugas negara… (secara) #*@^%&*$#

Satu blog 2 shoutbox! Aneh? Ga juga! Tapi ya… bisa juga dibilang aneh ;-D. Ngapain coba shoutbox sampe 2 di blog? Bikin sensasi? Pengen lain? experimen? Atau sikap prefentif karena barang gratisan biasanya sering TLR dan mengalami PLP. “Ahh, kamu sirik aja deh yg punya SB cuman 1 … kekekek…!” Setidaknya itu guyonan Mba Evie wong Palembang yang nikah dengan Ambon Manise pada shoutbox saya. Kemarin sempat ganti dengan oggix tapi karena kendala tekhnis layout akhirnya saya batalkan dan kembali ke cbox. Padahal saya sempat bangga pake oggix, bukan saja karena produk dalam negeri *buatan anak bangsa* juga features yang disediakan oggix cukup membuat saya jatuh cinta.

Sudah umum kalo shoutbox cukup satu dan tampil di main page *enam orang di atas memang tidak umum* ^_^ dan banyak juga yang menyimpan shoutboxnya not on the main page alias membuat page khusus semisal list menu, forum message, guestbook atau Privat Chat dengan alasan tempat yang ga cukup, menganggu keindahan, pengen lebih menampilkan iklan *adsense, affiliate, adbrite dan lainnya* biar income semakin besar *ini khusus blog semi MFA* kenapa dibilang semi MFA? karena mau dibilang personal juga bingung, contentnya banyak mengupas masalah pribadi tapi iklan bejibun disetiap sudut. ;-)

*Back to topic* Sesuai judul di atas *Fungsi Shoutbox, Kelebihan dan kekurangan Berbagai Macam Shoutbox*

Pertama, apa sih fungsi shoutbox? Sesuai namanya *Shout dan Box* dengan arti kata menyediakan ruang untuk pengunjung blog kita agar bisa teriak-teriak, bersorak sorai… *shout berarti berteriak atau bersorai ria* maksudnya meningalkan pesan, ucapan atau hal lainnya sebagai salah satu jembatan penghubung antara pemilik blog dan pengunjung. Bahkan sebagian blogger memanfaatkannya untuk nyepam berpromosi sekaligus menambah traffic. Shoutbox juga bisa untuk berkenalan, cari jodoh saling tukar informasi dan sebagai ajang link exchange.

Sama seperti Anda, saat saya blogwalking pun banyak menjumpai berbagai blog dengan shoutbox beraneka merek dan rasa, berbagai bentuk dan warna. ^_^ Namun seperti juga Anda, saya pun mengambil kesimpulan yang paling mendominasi setidaknya ada 3 merek; shoutmix, cbox dan oggix. Meski masih ada yang lain semisal TagMe, Wdcreezz.com, Shouthuns, Meebo, Doneeh, Shoutme dan lainnya. Namun diantara nama2 itu ada yang sudah almarhum dengan berbagai alasan.

Oke mari kita kupas satu persatu kelebihan dan kekurangan shoutbox2 di atas:

1. SHOUTMIX – shoutmix.com

Shoutmix yang bermarkas besar di Selangor-Malaysia ini memberikan kemudahan tersendiri dalam pelayanannya, termasuk tutorial pemasangan pada Blogger, Bolt, Freewebs, Friendster, WordPress, Xanga, dan Yahoo! Groups. Meski semua jenis shoutbox dasarnya hampir sama yaitu kemudahan dalam pengoperasian atau penginstalan kedalam berbagai jenis blog namun dalam hal ini shoutmix memang sedikit berbeda.

Tan Wei Heng, warga negara Malaysia keturunan berusia 21 tahun sebagai pemilik sekaligus pengendali Shoutmix yang baru-baru ini meraih penghargaan anugerah belia Dot Com Youth’08 mempersiapkan shoutmix hampir selama 4 tahun sebelum launching, dan berkat ketekunan serta kesabarannya Youth’08 akhirnya memberikan penghargaan dengan cek senilai RM.20.000.

Di bawah ini merupakan kelebihan features yang ditawarkan shoutmix, sedang features lainnya tidak saya sebutkan karena standar features shoutbox pada umumnya.

  • Multilingual: Multi bahasa yang memudahkan pengguna menggunakan berbagai macam bahasa termasuk teks asing, seperti kanji, tagalog, urdu, turki dan lainnya.
  • Animation dan Clickable smileys: Animasi dan emoticon merupakan suatu tambahan yang paling banyak digemari pengguna blog meski sebagian blogger dan webmaster menganggap emoticon hyanya digunakan para dumies blog dan menggambarkan weblog/situs yang tidak profesional. Terlepas dari itu semua, emoticon memang bisa menggambarkan bodylanguage dari pesan seseorang. Dan shoutmix menghadirkan emoticon ini dengan popup windows.
  • Auto linker: ini yang jarang dimiliki shoutbox lainnya. Dimana auto linker dapat mengconvert direct URL yang dikirim seseorang dalam pesan teksnya sehingga berbentuk seperti ini “[link]” hal ini tentu saja memaksimalkan fungsi shoutbox sebagai pengirim pesan berbasis teks.
  • In-box storage: Ini pun berbeda dengan shoutbox sejenis, dimana Anda bisa melihat pesan yang telah lalu tidak harus membuka window baru.
  • No pop-up ads: yupz, tidak ada iklan.

Segi keamanan, pengaturan dan fungsi admin (Anda) sebagai pemilik shoutbox.

  • Anda bisa mendelete dan membuang pesan baik yang tidak Anda sukai maupun pesan berupa spam.
  • Skin dan templatenya bisa Anda atur sedemikian rupa, banyak sekali pilihan yang tersedia dengan menggabungkan antara ukuran, style, dan warna. Untuk mencobanya Anda bisa melihat di http://www.shoutmix.com/main/styles.php

Kekurangan shoutmix sebagai shoutbox basic (free).

  • Penyimpanan arsip dalam shoutbox terbatas. Kecuali premium (bayar) dengan penyimpanan yang cukup besar sekitar 5 ribu pesan.
  • Quota pesan terbatas sekitar 60 perjam itupun kadang sering TLR dan akhirnya PLP. Kecuali premium unlimited.
  • Tidak ada arsip pesan. Kecuali premium, itupun mesti di download tiap bulan paling telat 3 bulan sekali untuk kita simpan sebagai arsip dan kenang-kenangan ^_^. Jika tidak…! Soutmix belum memberikan konfirmasi, apakah terbuang begitu saja atau tersimpan di servernya.
  • Tidak ada online counter, status, maupun user list. Kecuali premium.
  • Terdapat backlink shoutmix di atas dan di bawah (wajar). Tapi yang bawah bisa kita hilangkan, yang atas pun bisa dihilangkan tapi bayar. ^_^
  • Tidak bisa membanned IP, URL maupun User yang meninggalkan pesan maupun URL yang bertentangan dengan kesadaran moral kita *misalkan meninggalkan URL ke daerah biru*. Kecuali premium.
  • Automatic refresh pesan yang masuk hanya 1x permenit. Untuk premium 10x permenit.
  • Emoticon yang tersedia hanya 10. Untuk premium 500 smiley.
  • Penyimpanan pesan dalam shoutbox sekitar 250 pesan. Premium mencapai 5000 pesan. Perbedaan yang mencolok. ;-)
  • Tersedia 150 karakter. Premium 300.

Meski begitu tetap saja kita mesti bersyukur sudah dikasih layanan gratisan.
Untuk upgrade ke premium, shoutmix menawarkan jasa cukup terjangkau dan itu jika Anda menginginkan kepuasan, $2 per bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: