9 TIPS MENCARI IDE POSTING

Suka atau tidak suka, setiap blogger pasti mengalami kebuntuan ide untuk menulis postingan. Banyak blogger yang berhasil keluar dari masalah ini, namun banyak juga yang sebaliknya. Akibatnya, blog terbengkalai karena tidak ada postingan terbaru.

Layaknya blogger lain, saya juga mengalami  kebuntuan ide menulis. Namun, saya coba meminimalisir hambatan ini. Di bawah ini adalah 9 tips yang biasa saya lakukan untuk menemukan ide menulis.

Faktor Internal

1. Mencermati komentar pengunjung

Saya biasa mencermati komentar para pengunjung yang bisa berupa pertanyaan, saran, dan sanggahan. Dari ketiga jenis ini, pertanyaan pengunjung merupakan salah satu ide saya dalam membuat postingan. Selain memberikan solusi yang saya ketahui, postingan yang saya buat itu juga memberikan backlink kepada pemberi pertanyaan.

2. Membuka postingan lama

Postingan lama bisa menjadi gudang ide. Sebagai contoh, postingan saya mengenai 20 Tips Ngeblog untuk Pemula idenya saya peroleh ketika membuka-buka postingan lama. Dalam pemahaman saya, daripada terbenam di arsip, lebih baik saya mengkompilasinya dengan harapan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Selain itu, topik postingan lama juga bisa dikembangkan menjadi beberapa ide. Misalnya, saya menulis topik paragraf pembuka. Ide yang muncul dari postingan ini adalah bagaimana cara membuat paragraf penutup.

3. Melihat jumlah postingan tiap kategori

Saya memiliki 18 kategori. Saya tinggal pilih kategori mana yang hendak saya buatkan postingannya. Misalnya, kategori blog sukses. Saya kemudian berkelana ke blogger sukses favorit saya dan mencari informasi tambahan mengenai blogger itu di Google.

4. Mind mapping

Mind mapping adalah cara ampuh menghasilkan banyak ide. Satu topik bisa dikembangkan menjadi beberapa ide postingan. Saya menggunakan teknik ini bila hendak membuat postingan serial. Nah, jika Anda tertarik menggunakan teknik ini, silakan simak caranya di Cara Menemukan Ide Postingan dengan Teknik Mind Mapping.

Faktor Eksternal

5. Media cetak

Media cetak ini bisa berupa koran, majalah, dan buletin. Ide yang diperoleh dari media cetak biasanya berupa topik yang lagi hangat di masyarakat, antara lain politik, gosip, olahraga, dan gaya hidup.

6. Media elektronik

Media elektronik adalah TV atau radio. Beberapa kali Saya memperoleh ide postingan untuk Blogotainmen setelah melihat acara-acara TV favorit saya. Misalnya, acara Take Me Out Indonesia yang memberikan ide kepada saya untuk membuat postingan mengenai Julie Octha dan Ayu Oktasari.

7. Situs social Bookmarking

Situs social bookmarking yang sering saya “tongkrongi” adalah Lintas Berita. Saya lihat artikel hot dan artikel Top 10 situs tersebut. Postingan saya mengenai Domain Mirip Nama Perusahaan merupakan hasil melihat salah satu artikel yang masuk Top 10. Tentunya saya tidak mengcopas artikel tersebut, namun saya buat dari sudut pandang saya dan membacklink ke sumber aslinya.

8. Blog orang lain

Tidak bisa dipungkiri, blog orang lain (dalam dan luar negeri) telah banyak memberikan ide postingan buat saya. Bisa dibilang, blog-blog tersebut merupakan sumber referensi.

9. Google Adwods: Keyword Tools

Google adwords: Keyword Tools merupakan tools gratis dari Google untuk mencari ide-ide kata kunci. Misalnya saya mengetikkan kata kunci golf, maka akan muncul ide-ide kata kunci seperti: golf equipment, golf courses, golf shoes, golf bag, golf ball, golf accessories, dan sebagainya. Asyiknya, tools ini bisa juga digunakan untuk kata kunci bahasa Indonesia. Silakan Anda coba ketikkan kata kunci cewek cantik, maka akan banyak ide-ide dari tampilan yang disajikan.

3 Balasan ke 9 TIPS MENCARI IDE POSTING

  1. dismas not dimas mengatakan:

    blognya keren mas…😀

    salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: