APA ITU ACTIONS PHOTOSHOP

Action, hmmm artikel ini bukan membahas broad casting heheh!! Kali ini saya akan membahas salah satu cara bekerja cepat di Adobe Photoshop dengan menggunakan Pallete Action. “Action  adalah pallet untuk merekam semua aktifitas kita saat bekerja di Adobe Photoshop”.

Dengan pallete ini kita dapat menghemat waktu, pikiran dan tenaga kita saat melakukan pengeditan di Adobe Photoshop. Cara kerjanya sama seperti sebuah camera video, yaitu merekan sebuah gerakan mulai dari ditekannya tombol record sampai di tekannya tombol stop, dan memutar ulang juka tekan tombol play, hehehehheehheh!!

Jadi jika sobat memiliki bahan yang ingin dimasukkan efek yang sama, sobat tinggal mengklik tombol play yang ada pada pallete action, maka Photoshop akan bekerja sendiri dan menghasilkan efek yang sama dengan efek yang pernah sobat pernah record.

Untuk Action sendiri sebenarnya sudah disediakan langsung oleh Adobe Photoshop, dan banyak situs-situs yang menyediakan Scrip Action Photoshop, namun alangkah baiknya jika kita bisa membuat sendiri Action tersebut, jadi kita bisa menentukan hasil yang kita inginkan. Cara membuat Action di Photoshop sangat mudah,

Pertama buatlah Dokument Baru ( Ctrl + N ), kemudian cari Pallete yang berluiskan Action, jika tidak tampil pada monitor sobat, untuk menampilkannya pada menu bar klik Window > Action atau shortcutnya Alt + F9. Jika sudah muncul, klik Create New Set yang saya tandai dengan lingkaran merah merah, kemudian beri nama terserah sobat.
Create New Set

Kemudian klik Create New Action di sebelah kanan Create New Set, atau yang saya beri tanda bulatan merah seperti pada gambar dibawah,

Create New Action

Misalkan untuk Nama kita beri Cold Efect itu terserah sobat saja tergantung dari apa yang akan sobat buat, untuk Set sobat bisa memasukkan set yang telah dibuat tadi atau set yang sudah ada, Function key adalah lah Shorcut Action yang sobat buat misalkan saya memakai F2, dan disebelahnya terdapat check box yang gunanya untuk variasi shorcut action sobat, jika sodah klik Record.


Sekarang sobat tinggal mengerjakan apa yang ingin sobat rekam, misalkan sobat membuat tulisan Cold Efect (hehe, numpang link lagi ), saya sarankan dalam hal ini sobat lebih berhati-hati dan berkonsentrasi, kan kalau kita lagi direkam kadang-kadang kita gugup tertawa!!

Setelah selesai klik stop, yang berada di pojok kiri bawah pada pallete action yang berbentuk kotak. Untuk mengetes Actionnya sukses apa tidak sobat buat dokumen baru, kemudian klik play.

Mungkin sekian dulu, jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui kolom komentar, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: