PEMESANAN TIKET KA KERETA API

Tiket kereta api untuk perjalanan Lebaran atau Idul Fitri 1431 Hijriah sudah bisa dipesan mulai hari ini, termasuk melalui anjungan tunai mandiri atau ATM.

Pemesanan bisa dilakukan di mana saja, lewat ATM, kantor pos, dan lainnya. Tujuannya untuk menghindari praktik percaloan,” kata Kepala Humas PT KA Daerah Operasional I Mateta Rizalulhaq di Jakarta, Selasa  (27/7/2010).

Ia mengatakan bahwa tiket KA bisnis dan eksekutif untuk perjalanan mudik Lebaran H-7 hingga H-1 sudah bisa dipesan mulai hari ini.

Karenanya, tambah Mateta, masyarakat yang berencana mudik mendekati hari Lebaran diminta untuk segera memesannya. “Agar perjalanan mudik tidak terganggu,” katanya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2010, PT KAI telah melakukan berbagai perbaikan pelayanan pemesanan tiket Lebaran. Tujuannya untuk meminimalisasi pergerakan calo. “Jadi, masyarakat tidak perlu datang ke stasiun keberangkatan saat akan memesan tiket,” katanya.

Pemesanan, kata dia, bisa dilakukan di mana saja, seperti di kantor pos, serta ATM Mandiri, BII, dan BRI. Mengenai upaya untuk menekan pergerakan calo, kata Mateta, pemesanan tidak lagi bisa dilakukan seenaknya sendiri. Ditetapkan, satu orang pemesan hanya bisa membeli sebanyak-banyaknya empat karcis.

“Cara ini sebetulnya sudah dilakukan sejak 2009,” katanya dengan menambahkan bahwa langkah mudah ini tidak banyak diketahui masyarakat karena tidak tersosialisasikan dengan baik.

“Terbukti, dengan diterapkannya sistem pemesanan tiket jarak jauh ini, pergerakan calo berhasil dibatasi. Tahun lalu, kami bisa menangkap empat calo,” katanya.

Menurutnya, langkah lain PT KA dalam menekan calo di antaranya mensterilisasi stasiun dengan melibatkan instansi terkait, seperti kepolisian dan tiga angkatan di TNI.

Ia juga menjelaskan bahwa harga tiket Lebaran untuk KA bisnis dan eksekutif naik. Namun, kenaikan menurutnya tidak tinggi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Naiknya tidak tinggi, masih bisa dijangkau masyarakat,” katanya.

Kenaikan harga tiket dilakukan setelah mempertimbangkan laju inflasi dan kondisi perekonomian saat ini.

KA yang dipersiapkan untuk menyambut mudik Lebaran berjumlah 188 kereta, terdiri dari kelas ekonomi 82 kereta, bisnis 21 keretam dan eksekutif 29 kereta. Semua kereta itu akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota, Gambir, Tanah Abang, Senen, dan Jatinegara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: