CARA MEMBUAT SUBDOMAIN

Pengalaman membuat subdomain dengan berguru kepada Mbah Google merupakan penglaman tersendiri. Tidak mudah ternyata meringkaskan cara dalam membuat subdomain. Pengalaman adalah guru yang terbaik kata orang.

Bagi yang memiliki domain sendiri seperti http://www.asepsetiawan.com mungkin menarik jika dibuat berbagai jenis weblog atau situs dari satu domain. Membeli domain tidaklah mahal, bisa 1 pound atau sekitar Rp 90.000 atau bisa juga lebih dari 10$. Di Indonesia banyak alternatif lain, jelas.

Saya mencoba membuat subdomain bukan folder baru. Subdomain artinya membuat situs baru dengan hanya membeli satu domain misalnya inspirasi.asepsetiawan.com. Sedangkan folder baru nantinya dia akan di berbentuk asepsetiawan.com/inspirasi. Yang pertama dengan nama subdomain memang lebih indah kelihatannya.

Baiklah langkahnya sbb:

1. Masuklah kedalam bagian bagaimana membuat subdomain. Setiap hosting atau perusahaan memiliki cara sendiri. Saya membuat subdomain misalnya london.asepsetiawan.com. Setelah memasang london di bagian cara membuat subdomain. Maka terciptalah subdomain itu.

2. Sesudah itu subdomain itu harus disimpan di satu tempat. Nah kita buat di directory baru yang akan otomatis tercipta sendiri dengan menaruh misalnya directory  seperti “inggris”. Tunggu beberapa saat maka directory itu akan tercipta sendiri. Mungkin ada juga perusahaan yang manual.

3. Setelah itu buatlah database baru. Nama, username dan password serta nama server biasanya sudah ada.

4. Kemudian upload program Anda seperti WordePress ke directory baru itu kemudian config.php diganti dengan username, password dan nama password.

5. Setelah selesai bagian terakhir adalah ketik http://london.asepsetiawan.com/wp-admin/install.php.

Mungkin program lainnya seperti Joomla  atau Drupal juga serupa prinsipnya. Subdomain ini bisa dibuat denga menggunakan directory baru atau tidak.

Saya sengaja menulis ini bukan untuk apa-apa sekedar berbagi pengalaman. Mungkin bagi ahli web dan komputer akan ditertawakan. Bagi orang awam dimana sekarang banyak menggunakan blog, siapa tahu bermanfaat bukan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: