CARA MENGELOLA WARNET

Prinsip pemasaran adalah bagaimana kita menganalisa kebutuhan pelanggan dan membuat keputusan yang bisa memuaskan pelanggan kita lebih dari para pesaing dan berujung kepada terjadinya transaksi penjualan yang lebih baik pula.

Mengelola sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal.  4P adalah sebuah istilah dalam ilmu manajemen yang juga dikenal dengan istilah Marketing Mix. 4P yang dimaksud di sini adalah:

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion

Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola secara optimal unsur unsur dalam 4P tersebut.

Product

di Warnet, produk utama kita tentunya adalah layanan koneksi internet.  Dalam memasarkan produk ini tentunya kita dituntut untuk bisa memberikan warna yang berbeda dari saingan saingan kita yang notabene punya produk yang sama.  Kita sebenarnya bisa mencontoh persaingan di operator seluler.  Operator seluler boleh dibilang cuma punya sedikit produk yang utama: komunikasi suara dan teks.  Namun coba perhatikan,  begitu kreatifnya operator seluler membuat derivatif produk sehingga masyarakat bisa memilih berbagai jenis produk hanya dari satu operator saja.

Apa yang membedakan produk kita dengan warnet tetangga? Jika tidak ada usaha untuk membuat variasi produk, maka jelaslah jualan kita tidak punya keunggulan sama sekali.  Kita harus berusaha menganalisa kebutuhan pelanggan, pasar yang belum tergarap untuk membuat sebuah varian produk yang pada akhirnya menyasar pasar tertentu.

Price

Setelah kita memiliki produk, maka konsentrasi berikutnya adalah mengelola harga jual.  Maaf saja kalau saya katakan pengusaha pengusaha warnet umumnya adalah pengusaha miskin inovasi dan cuma berkutat di perang harga.  Kemiskinan inovasi ini bisa kita lihat dari model pentarifan yang statis dan hampir tidak pernah berubah.  Padahal harga adalah variabel yang bisa kita mainkan.

Memainkan variabel harga akan menunjang varian produk.  Katakanlah: ada harga khusus buat member/anggota, harga khusus pelajar, harga khusus bagi mereka yang mengakses lebih dari sekian jam, harga khusus buat mereka yang datang berkelompok :-) .

Harga khusus tidak selalu berarti pemotongan harga. Pernahkah anda mengeksplorasi kemungkinan kemungkinan ini?   Apakah anda membedakan harga antara jam ramai dan jam sepi? antara hari ramai dan hari sepi? antara bulan ramai dan bulan sepi?

Place

Pemilihan tempat hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sedang berencana untuk mulai berbisnis warnet.  Jika mereka yang sudah berjalan, maka tempat sudah merupakan hal yang tidak bisa di utak atik lagi dari sisi posisi.    Yang bisa kita optimalkan adalah sisi kenyamanan.   Sebuah warnet tidak perlu mewah untuk menjadi nyaman.   Kebersihan dan kerapihan adalah faktor yang penting.  Hal hal kecil seperti rajin membersihkan keyboard, mouse dan layar bisa jadi membantu meningkatkan posisi warnet di mata pelanggan.  Cobalah berpikir sebagai pelanggan pada saat-saat tertentu dan rasakan apakah warnet kita cukup memberikan kenyamanan bagi pelanggan kita?

Dalam persaingan warnet yang ketat, sebuah kelebihan kecil bisa memberikan kita keunggulan dalam bersaing.

Promotion

Jika ketiga “P” di atas sudah kita kelola dengan baik maka untuk optimalisasi terakhir: lakukanlah promosi.  Sebab bagaimana bisa warnet anda dikenal oleh pelanggan tanpa di promosikan.   Promosi pun harus mampu menuju pasar yang kita target.  Salah satu trik promosi yang sering saya lihat dilakukan oleh warnet adalah dengan memajang besar-besar tulisan “the fastest internet”.  Ini bukanlah trik promosi yang baik.    Dengan kondisi kecepatan dan lebar akses yang hampir sama, semua warnet bisa mengaku yang tercepat, ini bagaikan iklan kecap, semuanya mengaku no. 1.

Jadikanlah Product, Price dan Place sebagai dasar promosi.  Jika koneksi internet yang anda gunakan termasuk istimewa, jadikanlah sebagai sebuah kejutan bagi pelanggan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: