CARA MEMPERBAIKI CD/DVD RUSAK

Neh sebenarnya trik yang dah lama banget tapi maseh sering wa pakai….
bagaimana memperbaiki CD yang tergores? yang sebagian datanya ga kebaca ma CD ROM/DVD ROM
dalam kasus ini misalnya gw minjem CD Instalan Max Payne 2( he4 ketahuan ga mampu beli Laughing.gif ) yang mana da sekitar 4mb data yang rusak karena CD na tergores dan ga kebaca ma CD/DVD rom

bahan2 yang diperlukan( halah, kayak di forum kuliner gw LMAO.gif )
1. Alcohol 120 %
2. ULTRA ISO
3. Window Xp/2000 ( OS yang lain lum kecoba soalna)
4. Sedikit kapas atau apalah
5. Kertas buat nyerap minyak,
5 dan yang terakhir sedikit minyak manis (kalo daerah gw nyebutnya) kalo ga ngerti tuh masih sodara ma minyak goreng en minyak sayur lho.


Cara 1. menyiapkan CD yang tergores
basahi kapas dengan sedikit air,,bersihkan permukaan CD yang tergores dengan cara vertikal gosokinnya, lakukan berulang selama 3 kali, trus bersihkan air yang masih lengket di CD yang tergores dengan kertas penyerap,, trus ambil lagi kapas yang baru basahi dengan minyak sayur ( ga usah banyak2 minyak sayurna bro ntar lo kena marah nyokap he3) mulai basahi permukaan CD yang tergores seperti elo membersihkan CD make pake minyak. kalo udah keringin pake kertas nyerap minyak hati2 ya, sebagian partikel dari minyak akan tetap menempel di permukaan mikro CD yang tergores,, ga papa kok, kayakna minyak yang menempel permukaan CD yang tergores membantu laser di CD/DVD ROM untuk membaca kembali permukaan CD yag tergores. pastinya hal ini akan membantu buat yang CDnya ga kebaca karena ada goresan sedikit di permukaannya– sebagian lagi sih susah kalo goresannya dah kelewat dalam dan hampir semua permukaan CDna tergores tuh artinya almarhum deh tuh CD, dan datanya juga bakal ikut koit wkwkwwk,tapi ga ada salahnya dicoba istilahnya apa ya hmmm nothing 2 lose aja dah,, dengan tip ini 80 % CD yang tergores sedikit bakal bisa kebaca lagi

Cara ke 2 – Test tuh CD

dengan Alcohol 120% buat file ISO – image making wizard – dan coba lo liat apakah aplikasi ini bisa membaca permukaan CD yang korup datanya atau tergores dalam kasus gw alcohol 120 % dapat mengembalikan 60 % data yang korup or tergores, tapi jujur neh ga cukup, harus nyoba aplikasi lain, mereka ga menyembuhkan semua datanya tapi laser CD/DVD dapat meyembuhkan( baca: membaca) semua data, dalam hal ini datanya masih ada dalam tuh CD, nah apa yang kita lakukan?

Cara ke 3 – Buat CD baru
Dengan sistem copy yang ada di window elo bisa ngelakuinnya,, cuma buat folder baru dengan nama yang sama dengan CD label untuk referensi ngebakar di masa selanjutnya, trus copy isi dari tuh CD ke dalam folder tersebut. pas waktu proses copy menemukan data yang hilang atawa korup akibat tergores, proses copynya bakal melambat karena CD/DVD nya berusaha buat ngebaca dan bakal menyembuhkan data yang yang hilang, jika tidak bakal ada pesan sektor yang kebaca dalam tuh CD, dalam hal ini CD loe Koit ( gw turut berduka cita crying_anim.gif ) tapi ngga dalam kasus gw, akhirnya window dapat mengkopi semua tuh data ke dalam folder yang loe buat tadi. dengan Ultra ISO, buat sebuah CD baru, pindahin semua isi folder yang tadi loe buat dan simpan dalam format ISO, lo bisa ngetes tuh CD dengan mounting ISO nya lewat alcohol 120 %, dalam kasus gw, gw buat 2 ISO dari CD 1 dan 2 Max Payne 2, dan mencoba nginstalnya dengan Mounting ISO, dan berhasil kayak sulap neh he3,, gw dapetin kembali 4 MB data yang korup or ga kebaca tuh, terus gw bakar tuh CD dan sekarang gw punya kopian Mx Payne yang bebas dari goresan.

mungkin terdengar aneh, tapi berguna, tentu aja loe bisa lewatin proses membersihkan CD dan coba buat copy isi dari CD secara langsung, tapi dalam kasus gw ga berhasil tanpa minyak,,,,,

tuh aje deh moga berguna peace lah

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: